Kamis, 10 Oktober 2013

Anda yang bergerak di bidang usaha toko eceran atau retail pasti menginginkan usaha yang berkembang dan meraih untung bukan? Sebagaimana kita tahu retail atau toko eceran adalah salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Organisasi ataupun seseorang yang menjalankan bisnis ini disebut pula sebagai pengecer. Pada prakteknya pengecer melakukan pembelian barang ataupun produk dalam jumlah besar dari produsen, ataupun pengimport baik secara langsung ataupun melalui grosir, untuk kemudian dijual kembali dalam jumlah kecil.. Siap tidak siap perdagangan bebas akan dihadapi pada tahun 2015 mendatang, Lalu apa saja strategi yang harus disiapkan pengusaha di bidang retail agar usaha dagangnya bisa maju dan berkembang? Beberapa tips di bawah ini mungkin membantu. :)

  • Lokasi yang strategis. Untuk memulai sebuah usaha, tentu harus dipikirkan di mana kita akan mendirikan usaha dagang kita. Sebisa Anda akan memilih lokasi yang strategis sehingga memudahkan calon pelanggan untuk berbelanja di toko kita. Selain strategis, juga harus diperhatikan calon konsumen yang menjadi target pasar bisnis usaha dagang Anda.
  • Pemilihan media pemasaran. Usaha dagang Anda tentu ingin segara mendapat pelanggan untuk berbelanja di situ bukan? Maka Anda harus melakukan pemasaran dengan cara yang efektif dan tepat. Beberapa toko ada yang cukup puas dengan memakai metode pemasaran yang konvensional seperti promosi menggunakan brosur dan iklan di media cetak. Namun tidak seidkit pula yang merambah media promosi online dengan memasang iklan di web dan membuatkan show room digital untuk produknya. Kedua media pemasaran tadi tentu saja bisa digabung untuk memaksimalkan penjualan di toko anda.
  • Dapat memprediksi pasar. Tren yang berkembang akan mempengaruhi usaha dagang Anda. Toko harus dapat memprediksi kondisi pasar dan jangkauan konsumen di masa yang akan datang. Misalnya barang apa saja yang sekarang ini sedang digemari dan banyak dipakai masyarakat. Jika toko anda selalu up date dengan kebutuhan konsumen, bukan tidak mungkin toko Anda akan menjadi favorit dan langganan. Secara tidak langsung, nantinya akan terjadi promosi dari mulut ke mulut dari konsumen Anda ke calon konsumen baru.
  • Kemampuan beradaptasi. Usaha dagang seperti toko retail tentunya harus mampu beradaptasi dengan kondisi pasar yang ada. Jangan sampai Anda menjual barang dengan harga tinggi dan tidak terjangkau, padahal lokasi toko Anda bukan berada di lingkungan menengah ke atas. Itulah sebabnya perlu dilakukan survey lokasi sebelum Anda membuka toko. Pengusaha di bidang retail harus mendengar dan mengerti tentang kebutuhan pelanggan agar dapat mensosialisasikan usahanya dengan baik.
  • Loyalitas pelanggan. Konsumen yang loyal kelak akan kembali dan menjadi pelanggan di toko Anda. Ini juga termasuk salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan pemasaran usaha dagang Anda. Berbagai cara bisa Anda gunakan untuk menciptakan pelanggan yang loyal, antara lain melalui promosi belanja di toko Anda dengan diskon khusus di hari tertentu, pembuatan kartu member bagi pelanggan dengan keuntungan khusus dan masih banyak lagi cara promosi yang bisa Anda kembangkan.
  • Sistem manajemen keuangan yang baik. Banyak toko retail yang masih melakukan manajemen keuangan dengan cara yang konvensional. Sebagai contoh adalah hanya dengan mencatat transaksi keuangan dan penjualan pada nota tulis, daftar harga barang yang tidak selalu tercantum dan kadang hanya diingat-ingat saja tanpa pemberian label harga dan lainnya. Kondisi ini makin diperparah dengan pengelolaan usaha dagang yang tidak sistematis, lalu kemungkinan terjadinya salah penulisan pada nota karena keliru saat identifikasi barang, buku kas keuangan yang tidak dapat menjumlahkan angka yang tertera secara otomatis, tidak akuratnya data tentang jumlah stok sehingga Anda tidak bisa mengetahui jumlah pasti barang secara tepat. Jika beberapa hal tadi terjadi pada usaha Anda, mungkin Anda harus mulai beralih dan mecoba sebuah sistem manajemen keuangan yang dapat membantu mencatat transaksi keuangan usaha Anda secara rapi dan akurat. Pastinya Anda juga bisa melihat laporan transaksi dan perhitungan laba-rugi serta neraca keuangan usaha dagang Anda secara cepat dan tepat.
Semoga beberapa tips di atas bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan membuka toko retail. Jika Anda tertarik untuk mengetahui dan menggunakan software manajemen keuangan yang tepat untuk usaha dagang Anda, bisa langsung berkunjung ke sini .

0 komentar:

Posting Komentar